6 Herbal yang Bisa Membersihkan Paru-paru secara Alami

Rabu, 19 Juni 2024 - 09:00 WIB
loading...
6 Herbal yang Bisa Membersihkan...
Sejumlah herbal bisa membersihkan paru-paru secara alami sehingga melindungi tubuh dari masalah kesehatan serius. Tumbuhan ini digunakan pengobatan tradisional. Foto/Columbia Doctors.
A A A
JAKARTA - Sejumlah herbal bisa membersihkan paru-paru secara alami sehingga melindungi tubuh dari masalah kesehatan serius. Tumbuhan ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Menurut sejumlah penelitian, herbal ini mendukung fungsi paru-paru dan meningkatkan kesehatan pernapasan. Ini karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut herbal yang bisa membersihkan paru-paru secara alami dilansir dari Times of India, Rabu (19/6/2024).

6 Herbal yang Bisa Membersihkan Paru-paru secara Alami





1. Tulsi


Tulsi juga dikenal sebagai holy basil, memiliki status khusus dalam Ayurveda karena berbagai manfaat kesehatannya, termasuk kemampuannya membersihkan paru-paru. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menunjukkan bahwa fitokimia yang ada dalam tulsi memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat, yang membantu mengurangi peradangan di saluran udara dan membersihkan pernapasan.

Tambahkan daun ini ke dalam rutinitas harian Anda, baik dengan mengonsumsinya secara langsung atau sebagai dicampur ke teh. Di mana dapat membantu detoksifikasi paru-paru dan membuat pernapasan lebih mudah.

2. Adhatoda Vasica (Vasaka)


Vasaka, umumnya dikenal sebagai kacang Malabar, adalah ramuan lain yang dikenal karena khasiatnya dalam membersihkan paru-paru. Penelitian telah menunjukkan bahwa alkaloid yang ada di Vasaka memiliki efek bronkodilator dan ekspektoran, yang membantu meredakan batuk, mengeluarkan dahak, dan meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology menyoroti efektivitas vasaka dalam mengobati kondisi pernafasan seperti bronkitis dan asma. Memasukkan vasaka dalam rejimen herbal Anda dapat berkontribusi pada pembersihan saluran udara dan peningkatan kesehatan pernapasan.

3. Jahe


Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat menjadikannya ramuan yang berharga untuk kesehatan paru-paru. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine menunjukkan bahwa ekstrak jahe menunjukkan efek perlindungan terhadap infeksi pernafasan dan dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pernafasan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)